Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Bekasi Rekrut Warga Bantu Sortir dan Lipat Surat Suara

Infobekasi.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan penyortiran pelipatan surat suara pemilu 2024. Sebanyak 380 warga ikut membantu menyortir dan melipat surat suara untuk digunakan saat pencoblosan nanti.

Kegiatan pelipatan surat suara ini dilakukan di Gudang terletak di Jalan Alexindo, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Senin (8/1/2024) pagi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengungkapkan, 380 orang yang melakukan penyortiran pada hari ini bersifat sementara.

Kabarnya sekitar seribu petugas telah disiapkan untuk memenuhi target selesainya penyortiran dalam waktu 20 hari kedepan.

“Untuk hari ini pekerjanya sebanyak 380 orang petugas sortir lipat, ke depan kami tingkatkan sampai batas 1.500 orang agar target 20 hari tercapai,” ujar Ali Syaifa, Senin (8/1/2024).

Kertas yang disortir diantaranya surat suara dari Caleg DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI, hingga pasangan Capres dan Cawapres 2024. Jika di total, ada 9 juta lembar dari 1,8 juta pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Melipat surat suara sebanyak 9 juta lembar untuk melayani pemilih sebanyak 1.809.574 pemilih,” papar Ali Syaifa.

Satu orang petugas mendapatkan target 500 lembar pelipatan surat suara per harinya. “Masing-masing 500, jadi kalau perkelompok 500 kali 10 berarti 5.000 targetnya,” jelas Ia.

Setelah tahapan sortir surat suara rampung, maka akan dilanjutkan dengan proses pendistribusian ke tiap kelurahan yang ada di Kota Bekasi.

“Sortir lipat ini nanti kalau sudah selesai akan ditindak lanjuti dengan pendistribusian surat suara ke kelurahan,  tentunya surat suara sudah ada di dalam kotak,” pungkas Ali Syaifa.

Reporter: Fahmi

Editor: Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini