Isbat Nikah, Manin Terharu Dapat Buku Nikah Gratis

infobekasi.co.id – Ketua Advokat Peduli Islam, Abdul Chalim mengatakan, dari ratusan pendaftar isbat nikah, terdapat 14 pasang suami istri terpilih dan memenuhi syarat untuk melaksanakan isbat nikah terpadu.

“Hari ini kami memberikan Buku Nikah, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), serta putusan pengadilan. Dari 150 pendaftar hanya 14 pasutri yang terpilih serta prosesnya kami urus dengan baik dan benar sampai selesai. Hari ini sebanyak 14 pasang hadir semua. Namun ada yang sakit dan diwakili sama anaknya,” beber Abdul Chalim di Aula Kantor Desa Karangreja, Kecamatan Pebayuran. Dikutip bekasi.go.id pada Jumat, (12/01/2024) lalu.

Abdul Chalim menjelaskan, pasangan suami istri yang mengikuti isbat nikah massal merupakan pasangan yang telah sah menikah secara agama, namun statusnya belum tercatat secara hukum.

“Ya, ini gratis mereka (pasutri) dengan melampirkan SKTM, lalu SKTM tersebut kami bawa ke Baznas Kabupaten Bekasi untuk membantu biaya di pengadilannya,” katanya.

Ia mengimbau, pasutri yang telah mengikuti isbat nikah terpadu, agar menjaga, merawat, serta tidak menyalahgunakan buku nikah. Mengingat, buku nikah merupakan dokumen formal sangat penting.

Dia berharap, program ini bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga bisa menjadi manfaat dalam membantu banyak masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bekasi ke depannya akan melakukan kerjasama dengan Advokat Peduli Islam (API). Kami selalu siap untuk membantu menyelenggarakannya. Agar apa yang diharapkan masyarakat yang sudah menikah siri bertahun-tahun, sudah punyak anak, dan sudah punya cucu, bisa mendapatkan buku nikah secara legalitas dan diakui dihadapan negara,” papar Abdul Chalim.

Manin salah satu peserta sidang isbat nikah mengungkapkan, dirinya sangat terharu dan bahagia bisa mendapatkan buku nikah secara langsung dari Advokat Peduli Islam, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu kami dalam pengurusan buku nikah gratis dan lainnya,” ucap Manin.

(drs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini