Hasil Penyelidikan Foto Jersey Nomor Punggung 2, Bawaslu: Tidak Ada Pelanggaran

Infobekasi.co.id – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi memutuskan tidak ada pelanggaran netralitas ASN dalam laporan pamer jersey nomor punggung 2 di Stadion Patriot pada akhir Desember 2023 lalu.

“20 orang kami mintai keterangan tidak ditemukan fakta (pelanggaran),” kata Kordiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kota Bekasi Muhammad Sodikin kepada wartawan, kemarin.

20 orang yang telah dimintai keterangan antara lain ASN yang menjabat Camat maupun pejabat di lingkungan Pemkot Bekasi, termasuk Penjabat Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad dan satu orang saksi ahli. Penyelidikan dilakukan sejak 4 Januari begitu menerima laporan dua hari sebelumnya. Penyelidikan dilakukan karena laporan memenuhi unsur formil.

“Kami sudah mengklarifikasi 19 orang dan kami telah meminta keterangan satu orang saksi ahli. Total 20 orang kami mintai keterangan,” kata dia.

Ia menuturkan, hasil penyelidikan bahwa nomor punggung 2 jersey sepak bola berada di tumpukan kedua. Adapun nomor punggung 1 dipakai untuk penjaga gawang. Sementara itu, koordinator panitia mengambil tumpukan jersey paling atas setelah jersey penjaga gawang sebagai foto seremoni bantuan dari bank BJB.

“Kami melakukan penyelidikan dan konfirmasi karena ini ada koordinator. Kami mintai keterangan,” ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 15 pasal 22, Ayat 4 berbunyi citra diri terpenuhi jika ada nomor urut, gambar atau foto.

“Jadi persoalan citra diri ini yang tidak terpenuhi, kita tidak bisa berdasarkan asumsi,” tutur Sodikin.

Reporter: Fahmi
Editor: Adi T

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini