20 Nama Jati di Wilayah di Kota Bekasi, Ini Pendapat Sejarawan Ali Anwar

Infobekasi.co.id – Tahu kah kalian, sebanyak 20 wilayah di Kota Bekasi menggunakan nama Jati yang berada di beberapa kecamatan.

Informasi yang dihimpun Infobekasi, puluhan nama berawalan kata Jati ditemukan tersebar di empat Kecamatan yang berada di Kota Bekasi.

Di antaranya, Kecamatan Jatiasih, terdapat enam Kelurahan, seperti Jatiasih, Jatikramat, Jatiluhur, Jatimekar, Jatirasa, dan Jatisari.

Kemudian, di Kecamatan Jatisampurna memiliki lima Kelurahan yakni Jatikarya, Jatiraden, Jatirangga, Jatiranggon dan Jatisampurna.

Kecamatan Pondok Gede, terdapat lima kelurahan. Yaitu Jatibening, Jatibening Baru, Jaticempaka, Jatimakmur dan Jatiwaringin.

Kecamatan Pondok Melati memiliki empat kelurahan, yakni Jatimelati, Jatimurni, Jatirahayu dan Jatiwarna.

Sejarawan Bekasi, Ali Anwar, memaparkan tentang banyaknya wilayah di Kota Bekasi menggunakan nama kata Jati, hingga akhirnya digunakan sebagai nama daerah.

Mengacu pada ilmu toponimi, berkaitan pada bidang etnologi dan kebudayaan, wilayah yang memakai nama Jati, lantaran ketika itu banyak ditemukan pohon Jati.

Banyaknya pepohonan jati pada suatu tempat, maka membentuk ciri khas, hingga dikenal masyarakat sscara luas.

“Toponim biasanya berasal dari nama yang khas dari suatu tempat, seperti pohon Jati, Kramat Jati, karena pada sebuah keramat ditumbuhi pohon Jati,” kata Ali Anwar, saat dikonfirmasi Infobekasi, pada Minggu (18/2/2024).

Lebih lanjut, Ali Anwar membabarkan, wilayah berawalan dengan penamaan Kata Jati banyak ditemui di bagian Selatan Kota Bekasi.

“Nama beberapa Jati di daerah Bekasi bagian selatan, karena pecahan atau pemekaran wilayah sejak 1950-an,” katanya.

Dari banyaknya nama Jati di wilayah Kota Bekasi, kata Ali, belum terjamah, bahkan jarang ada tempat produksi yang memakai bahan dari pohon atau kayu Jati.

“(Kalau berkaitan hal tersebut) tidak ada,” tegas Ali Anwar.

Reporter: Fahmi

Editor: Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini