Harga Beras Turun Pedagang Masih Mengeluh, Ini Sebabnya

Infobekasi.co.id – Meski harga beras turun, namun para pedagang beras di Pasar Kranji, Bekasi Barat, masih mengeluh. Mereka menilai hara tersebut belum signifikan.

Hal ini dirasakan oleh Ismail, Ia mengatakan penurunan harga beras hanya terjadi pada jenis Bulog. Untuk ukuran sekarung beras hanya turun sekitar Rp10 ribu, hingga Rp 20 ribu.

“Kalau lokal turunnya dikit doang, paling Rp10.000 – Rp20.000. Premium lokal dari Rp800.000 per-karung sekarang Rp785.000 per-karung,” ujar Ismail, Jum’at (1/3/2024).

Kenaikan harga beras paling tinggi terjadi sejak Agustus 2023 hingga pertengahan Februari 2024. Penurunan harga beras baru sekitar sepekan.

“Paling tinggi (harga beras) dari bulan Agustus, naiknya sampai pertengahan bulan ini,” ungkap Ismail.

Menurut Infornasi yang Ia dapat, kenaikan harga beras lantaran akibat cuaca yang buruk. “Kalau kata pemerintah cuaca, Isunya nanti mau naik lagi jelang puasa,” katanya.

Hal senada dilontarkan pedagang beras lainnya, Rahma, dirinya meski harga beras mengalami penurunan harga, hal itu tidak membuat para pedagang beras lega.

“Ya untuk jenis bulog turun Rp50 ribu, terakhir beli kemarin (Kamis) besok (Sabtu) mau belanja lagi, tinggal yang mahal-mahal saja, turunnya sedikit, cuma bulog,” kata Rahma.

Harga yang dikeluarkan oleh pedagang saat ini sangat jauh dibandingkan dengan yang terjadi seperti pertengahan tahun 2023.

“Kalau 2024 ini belum ada yang Rp9.000, adanya Rp 12.000. Sekarang Rp12.000 ada sudah lumayan (paling murah) ,” jelasnya.

Sejak situasi kenaikan harga, lapaknya kerap dicurhati oleh pembeli, bahkan berpotensi dapat kehilangan pelanggan.

Ia berharap pemerintah setempat dapat menstabilkan harga, terlebih dalam waktu dekat akan memasuki bulan Ramadhlan.

“Harapannya dari kami ya, semoga cepat turun ini harganya, biar kita yang jualannya juga enak. Kalau kayak gini kan keuntungannya tipis,” imbau Rahma.

Reporter: Fahmi

Editor: Deros

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini