#5 Daftar Menu Yang Harus Dihindari Saat Puasa

makanan-sahurBulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu bagi umat muslim di seluruh dunia, karena akan mendapat pahala yang berlipat ganda sampai manfaat bagi kesehatan kita. Selama berpuasa, kita tidak akan makan dan minum sedikitpun selama sekitar 14 jam. Dalam hal ini anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan saat sahur maupun berbuka untuk menjaga kondisi tubuh agar sehat dan bugar. Berikut 5 makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur dan berbuka :

1. Makanan Yang Mengandung Kadar Lemak Tinggi
Makanan dengan kadar lemak tinggi memang tidaklah baik untuk kesehatan. Makanan ini sulit untuk dicerna dalam tubuh sehingga kemungkinan menyebabkan gangguan pada lambung dan membuat anda merasa kembung. Terlebih lagi akan menjadi kolesterol dalam tubuh anda, sehingga anda rentan terkena stroke. Lebih baik mencegah, dari pada mengobati. Karena stroke merupakan salah satu penyakit mematikan selain kanker.

2. Makanan Besar
Agar lambung tidak kaget karena telah berpuasa seharian, berbukalah dengan makanan ringan terlebih dahulu, jangan langsung makan makanan berat karena dapat membuat pencernaan kita kaget atau bekerja penuh karena harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja sepanjang hari. Jangan lupa, biasakan untuk mengunyah makanan dengan baik karena bisa membantu meringankan kerja pencernaan.

3. Minuman Dingin
Minum minuman yang dingin ketika berpuasa memang terasa sangat menyegarkan di tenggorokan. Namun ternyata, kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa merupakan kebiasaan yang tidak sehat, karena dapat menyebabkan konstraksi pada lambung. Selain itu, minuman dingin juga bisa memberikan efek kenyang berlebih, akibatnya tubuh pun jadi malas untuk menerima asupan makanan yang bergizi.

4. Makanan Bersantan
Asupan makanan yang tidak terkontrol saat buka puasa dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, tekanan darah naik, kadar gula dalam darah tinggi atau penyakit lain yang sudah bersarang kambuh kembali. Makanan bersantan merupakan salah satu jenis makanan yang punya andil cukup besar dalam masalah tersebut. Pada kadar tertentu, mengonsumsi santan yang berlebihan dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta naiknya kadar asam urat, dan lain sebagainya.

5. Kopi
Dan yang terakhir adalah Kopi. Menurut wikipedia, kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kopi mengandung kafein yang tinggi. Kafein pada kopi sangat tidak baik untuk lambung kita. Jika anda mengkonsumsinya saat sahur, dikhawatirkan akan berefek samping saat anda berpuasa. Apalagi saat berpuasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Dengan begitu, secara otomatis asam lambung akan meningkat. Kopi sendiri merangsang pengeluaran asam lambung. Produksi asam lambung berlebih akan membuat kita merasa mual.

Itulah 5 Makanan dan Minuman yang harus dihindari saat santap sahur dan berbuka. Semoga kita dapat mejalankan ibadah puasa ini dengan kondisi sehat dan bugar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini