Ini Potensi Investasi Properti Di Bekasi Dengan Market Ekspatriat

image_03Cikarang – Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN akhir 2015 nanti, permintaan ekspatriat atau pekerja asing di Cikarang, Bekasi, jumlahnya terus meningkat. Diperkirakan, beberapa tahun lagi akan ada 21.000 ekspatriat yang bekerja di kawasan berbasis industri ini.

Peningkatan pekerja asing ini tercatat dari 2006 jumlahnya masih 9.300 pekerja. Sementara pada 2010, total pekerja mencapai 11.700 orang. Hingga saat ini, jumlah ekspatriat sudah mencapai 12.000 orang.

Wahyu Hartanto, Chief Operational Officer PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS), pihaknya sempat kewalahan dengan permintaan ekspatriat Jepang. Ia mengungkapkan pasar untuk properti asing di Cikarang memang terbilang sangat besar.

“Kami sempat mengurus investor dari Jepang. Mereka meminta 300 unit yang siap untuk disewakan,” papar Wahyu.

Wahyu menambahkan, permintaan tersebut, sulit dipenuhi mengingat saat ini tidak ada unit yang siap dengan jumlah sebanyak itu. Di sisi lain, investor Jepang juga menginginkan unit yang siap dimanfaatkan pada 2016. Kondisi di lapangan sendiri saat ini apartemen pertama di The Oasis, Mahogany, sudah ludes terjual. Menara berikutnya, Acacia, masih dalam tahap pemesanan dan pembangunannya membutuhkan waktu 14 bulan.

“Pasar pekerja asing, terutama ekspatriat Jepang, memang kuat. Untuk itu, NPS menyediakan Corporate Tower, yaitu apartemen pesanan dengan struktur rendah. Dengan begitu, industri besar tidak perlu menyiapkan asrama (dormitory) untuk para pekerja,” tambahnya.

Tersedia 5 menara yang telah disiapkan Corporate Tower di The Oasis. Setiap menaranya terdiri atas 4 lantai dan maksimal 8 lantai dengan jumlah apartemen sebanyak 120 unit. Tanah yang dialokasikan hanya sekitar 1.800-3.000 meter persegi dengan total 6.600 meter persegi untuk bangunan, alokasi luas tersebut tidaklah besar.

“Investor akan diberi hak penamaan atau naming right untuk dipasang pada bangunan Corporate Tower. Karena merupakan pesanan jadi perusahaan bisa membeli tanahnya saja dan mengembangkan sendiri. Tapi NPS tetap akan menyiapkan pilihan fasadnya,” paparnya.

Disain apartemen tiap unitnya ini akan dirancang sangat esklusif. Hal tersebut mengingat karena hanya akan diisi oleh pekerja perusahaan saja. Fasilitasnya pun cukup lengkap termasuk di dalamnya adalah kolam renang. Adapun kisaran harga tanahnya antara Rp 20 miliar sampai Rp 38 miliar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini