Kota Bekasi Sebagai Smart City Akan Segera Terwujud

IMG-20151207-WA0005BEKASI SELATAN – Komitmen Pemerintah Kota Bekasi untuk menjadi kota yang Smart City kini mulai direalisasikan. Hal itu dibuktikan dengan menyepakati bentuk kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan salah satu perusahaan penyedia layanan selular Telkomsel untuk membuat Control Center.

“Telkomsel memberikan CSR untuk ruang operational control, semacam dashboard. Ini untuk mempermudah melihat sistem teknologi yang ada. Dengan ini, kedepan Kota Bekasi menjadi lebih maju,” Ujar Walikota Bekasi, Rahmat Effendi usai menandatangani nota kesepakatan bersama di ruang rapat VIP Walikota Bekasi, Senin (7/12).

Dengan menyepakati bentuk kerjasama tersebut, pria yang akrab disapa Pepen itu mengatakan Kota Bekasi akan menyusul DKI Jakarta yang sudah lebih dulu menerapkan Smart City.

“Sebagai kota penyanggah ibukota, tentunya kita harus sama dengan DKI Jakarta,” imbuhnya.

Lanjut Pepen, bentuk kerjasama ini akan dimulai dari proses pengawasan, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan dan peran pemerintah kepada masyarakat Kota Bekasi.

Sementara itu, Vice President Technology and System PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Ivan Cahya Permana mengungkapkan bahwa Telkomsel bersama dengan Pemerintah Kota Bekasi akan mengidentifikasi permasalahan di Kota Bekasi dengan menggunakan teknologi terbaru.

“Kami, melalui CSR akan memasang sistem yang secara digital mampu menjawab tantangan Kota Bekasi sebagai Smart City,” ujar Ivan kepada infobekasi.co.id.

Salah satu yang akan dipasang adalah Control Center serta beberapa sensor yang akan dipasang di bebrapa titik di Kota Bekasi.

“Misalnya dipasang sensor pada truk-truk sampah Kota Bekasi. Atau sensor di sungai untuk melihat ketinggian air. Jadi, penduduk akan tahu lebih dulu apabila akan ada banjir atau masalah terhadap sampah,” paparnya.

Intinya, lanjut Ivan, kedepan Pemerintah Kota Bekasi akan lebih mudah untuk melakukan monitoring terhadap kondisi Kota Bekasi

“Realisasinya 3-6 bulan dari penandatanganan MoU ini. Tapi kalau Control Center ini mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai,” tuturnya.

Sebagai kota kedua setelah Bogor yang telah melakukan kerjasama dengan Telkomsel, Ivan berharap semoga bentuk kerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi ini akan terus berjalan demi mewujudkan Kota Bekasi sebagai Smart City.(Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini