Mau Dapat Bonus? Tidur yang Lama!

Ilustrasi TidurJika sebuah perusahaan ingin maju, pasti ada berbagai macam cara yang akan dilakukan pimpinan. Mulai dari peningkatan prosedur yang diterapkan, produk yang dijual, sampai dengan peningkatan sumber daya manusianya (SDM). Bahkan justru sebenarnya, faktor SDM inilah yang paling penting.

Salah satu perusahaan asuransi kesehatan di Amerika Serikat, Aetna, meningkatkan kinerja SDM-nya demi memajukan perusahaan, dengan cara menambahkan porsi jam tidur mereka. Loh kok malah menambah jam tidur ya? Apa malah ga rugi perusahaan itu?

Perusahaan Aetna ini meminta para karyawannya untuk tidur lebih dari tujuh jam dalam seharinya. Bahkan, perusahaan menjanjikan bonus jika mereka menaati aturan jam tidur tersebut.

Disinyalir dari wiuww.com, CEO Aetna, Mark Bertolini, mengatakan jika para karyawannya bisa membuktikan mereka tidur sedikitnya 7 jam atau lebih selama 20 hari berturut-turut, maka setiap malamnya, akan diberikan bonus 33 dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 432 ribu.

“Dalam setahun bonus maksimal yang bisa diberikan bagi mereka yang tidur lebih dari tujuh jam, bisa mencapai 661 dolar Amerika (Rp 8,6 juta – red),” ujarnya kepada CNN.

Dalam menjalankan program tersebut, Aetna menggunakan aplikasi Fitbit. Aplikasi inilah yang membantu perusahaan dalam memantau tidur karyawan perusahaan tersebut.

Mark percaya bahwa ada hubungannya antara waktu tidur, dengan produktivitas karyawan. Sehingga ini akan menguntungan perusahaan.

Mark juga mengatakan, bahwa produktivitas karyawan Aetna bertambah sebanyak 69 menit per bulannya, setelah perusahaan menjalankan program tersebut.

“Jika kita bisa membuat dasar-dasar untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik, dengan melakukan investasi pada sumber daya manusia, maka itu akan terlihat pada penambahan pendapatan perusahaan,” katanya.

Bagaimana jika program tersebut diaplikasikan di perusahaan-perusahaan Indonesia ya? Apa akan bertambah produktivitas karyawannya, apa malah justru memble? (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini