Nih, Daftar Jalan-Jalan Seru di Jepara, Jawa Tengah!

MUSEUM KARTINILibur panjang akan segera tiba. Bagi yang masih bingung menentukan mau ke mana, mungkin daerah Jepara, Jawa Tengah bisa dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi.

Nah, dilansir dari tabloidnova.com, infobekasi punya daftar tempat tujuan kamu jika memang sudah menetapkan untuk pergi ke daerah Jepara nih, atau untuk daftar next trip kamu. Semua berhubungan dengan RA. Kartini

Museum Ari-Ari Kartini

Museum ini terletak di Desa Pelemkerep, desa tempat Kartini lahir. Walaupun rumah kelairannya sudah tidak ada, di bagian belakang masih tertanam tali pusar Kartini.

Berdasarkan adat Jawa, bahwa saat lahir, ari-ari bayi harus ditanam. Di tempat ari-ari Kartini ditanam inilah, terdapat monumen berbentuk bunga teratai. Bunga yang disukai oleh Kartini.

Pantai Kartini

Pantai Kartini ini adanya di Jepara, dan dekat dengan pendopo, kediaman Kartini saat ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, menjabat sebagai Bupati Jepara. Keluarga Raden Mas Adipati ini senang berkunjung ke pantai Kartini.

Pendopo Kabupaten Jepara

Kartini menhabiskan masa remajanya di pendopo Kabupaten Jepara. Bahkan bisa dibilang bahwa pendopo inilah tempatnya dibesarkan. Sebab, ayah Kartini adalah Bupati Jepara.

Beberapa ahli sejarah menyebutkan banyak buah pikiran Kartini muncu di tempat ini.  Lokasinya di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara.

Museum Kartini Jepara

Museum Kartini ada dua. Satu terletak di Jepara, dan yang satunya lagi berada di Rembang. Museum ini menyimpan barang-barang milik Kartini, dan tidak hanya itu saja, juga menyimpan barang-barang lainnya yang berkaitan dengan sejarah Jepara itu sendiri.

Makam Kartini

Kartini meninggal di usia yang masih muda, 25 tahun. Makamnya terletak di sebuah bukit, yang dibangun oleh suaminya, di  Desa Bulu, Rembang. Bentuknya seperti Joglo dengan nisan marmer.

Sangat mudah menemukan makam tersebut karena di bagian depan terdapat patung Kartini. Kartini digambarkan mengenakan busana adat Jawa dan memegang buku. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini