Suka Kalap Jika Berbelanja?⁠⁠⁠⁠

BelanjaKamu kalau belanja suka kalap ga sih? Dari rumah niatnya hanya ingin membeli sepatu, tapi ternyata di tempat kamu beli sepatu, ada baju yang lucu, tas yang sedang diskon, kemudian ada juga barang-barang lainnya yang membuat kamu jadi ingin untuk membelinya? Hmmm…kalau kamu kerap kali seperti itu, bagaimana bisa menabung?

Nyatanya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar uang kamu tidak habis untuk belanja ini itu, yang tidak direncanakan sebelumnya. Berikut cara-caranya :

Catat Belanjaan

Sebelum pergi berbelanja, kamu harus membuat daftar terlebih dahulu. Daftar belanjaan yang kamu catat harus merupakan barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan catat barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Bawa Uang Secukupnya

Jika ingin berbelanja, dan kamu sudah mencatat barang-barang yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah, kamu harus bisa memperkirakan harga dari barang-barang tersebut. Jika total harga barang yang ingin kamu beli adalah sebesar Rp 750.000, maka baiknya kamu bawa uang Rp 800.000. Sisanya untuk pegangan kamu. Jadi kalau dalam perjalanan pulang tiba-tiba ban kendaraan kamu bocor, masih ada sisa uang untuk biaya perbaikan. Dan biaya yang tak terduga ini harus kamu ingat, bahwa itu penting untuk disisakan.

Relakan Kartu Debet dan Kredit di Rumah

Nah dua kartu ini nih yang bikin kamu boros. Ah gampang, uang di ATM masih banyak atau Pake kartu kredit aja deh, kan nanti bisa diganti. Jadi,mending dua kartu “berbahaya” ini ditinggal di rumah aja kan?

Ingat Bahwa Ada Barang yang Lebih Penting untuk Dibeli

Kalau kamu memang benar-benar ingin membeli barang, padahal barang itu tidak terlalu kamu butuhkan, kamu harus ingat dalam hati bahwa kamu masih ada target untuk membeli rumah, misalnya. Atau ingin membelikan ibu atau ayahmu mobil.

Hindari Lirik Sana Lirik Sini

Memang susah menahan godaan untuk tidak melirik sana, dan melirik sini. Jika sudah terlanjur memegang barang, yang sebenarnya barang tersebut tidak terlalu kamu butuhkan, buru-buru letakkan barang tersebut, kemudian pergi menjauh. Sebisa mungkin hindari melirik-lirik barang yang lain.

Bawa Penjaga

Bukan artinya kamu harus membawa satpam atau bodyguard ya hehee…..penjaga yang dimaksud adalah teman. Jadi kamu bisa minta tolong dia supaya ingatkan agar kamu tidak berbelanja dengan berlebih kan? (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini