Raih Sertifikat Adipura, Kota Bekasi Bakal Raih Piala Adipura?

Surat Edaran AdipuraBEKASI SELATAN – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan segera mengumumkan Kota/Kabupaten yang mendapat piala Adipura pada 2016, berdasarkan surat dari KLHK Direktorat Jenderal Pengelolaan sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun. Surat ini ditandatangani oleh Tuti Hendetawati Mintarsih, yang juga merupakan Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup. Pelaksanaan penyerahan penghargaan ini akan dilakukan pada 22 Juli 2016, di lapangan depan Istana Siak, Riau.

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang mendapat undangan tersebut. Namun untuk tahun ini, untuk bisa mendapatkan piala Adipura, nilai yang didapat Kota Bekasi masih kurang dari 7,5. Berdasarkan keterangan yang dirilis Pemerintah Kota Bekasi, kota yang memiliki visi Bekasi Maju, Sejahtera, dan Ihsan, ini belum bisa mendapatkan piala sebagai simbol pengelolaan lingkungan yang baik, yang didapat baru sertifikatnya saja.

“Betul kita dapat sertifikat Adipura, karna nilai akhir dari tim Adipura diatas 70 poin, dan ini merupakan hasil kerja kita semua, juga langkah awal untuk mendapat piala Adipura bermartabat, yang nilai akhirnya harus 75 poin,” kata Kepala BPLH Kota Bekasi, Supandi Budiman. ( 20/07).

“Kami tindak lanjuti dalam pembahasan. Saya sudah meminta Asda dua, untuk mendampingi serta mengundang seluruh pemangku kepentingan dalam pembahasan hasil akhir penilaian tanpa kecuali,” ujarnya.

Evaluasi persiapan dilakukan untuk  mendapat nilai 73 pada P1 November 2016, terutama kondisi TPA Sumurbatu, Pasar Tradisional, Sekolah, Saluran Air, dan Perumahan Terbuka, serta upaya pemilahan dan pengolahan sampah yang mempunyai bobot sangat tinggi dalam penilaian Adipura  selanjutnya.

Pemerintah Kota Bekasi juga menyapaikan rasa terima kasih kepada semua masyarakat, pemangku kepentingan, dan SKPD  atas dukungannya, sehingga Kota Bekasi sudah lolos dari kota terkotor.

“Ini tugas kita semua, dan keberhasilan lolos dari kota terkotor berkat partisipasi masyarakat semua. Satu lagi tugas kita untuk memperloleh prestasi setelah kita raih WTP sekarang, kita berupaya untuk memperoleh piala Adipura, karena ini pun amanah RPJMD. Jika kita mau kerja keras, pasti bisa. Mudah-mudahan langkah kita diberi kemudahan oleh Allah SWT,” tambah Supandi.

Menurut Supandi, yang saat ini terbilang masih kurang adalah tahapan infrastruktur dan budaya masyarakat untuk saling dukung dalam suksesi Adipura.

“Tahapanya harus diperbaiki, dan juga infrastruktur pendukungnya. Budaya bersih masyarakat juga harus ditingkatkan lagi. Setelah ini, harus lebih bagus lagi, harus memiliki budaya sadar akan kebersihan. Jadi Pemerintah dan masyarakat harus satu hati dalam pengelolaan lingkungan serta menciptakan lingkungan yang asri dan bersih,” tuturnya. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini