Kenapa Perut Buncit Setelah Melahirkan?

Perut setelah melahirkanSehabis melahirkan, perut seorang wanita pasti mengalami kebuncitan. Mungkin ini menjadi masalah bagi sebagian besar wanita, karena konstruksi sosiallah yang membentuk ide bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang langsing, wanita yang perutnya tidak buncit.

Dikatakan oleh pakar kesehatan wanita yang bernama Jennifer Wider, bahwa ada beberapa wanita yang bisa menjaga perutnya agar tetap langsing setelah melahirkan, namun banyak yang bisa menjaga perutnya tetap langsing.

“Beberapa perempuan memang mampu mengatur untuk menghindari perut buncit sesudah melahirkan. Namun sangat sedikit jumlah perempuan yang memiliki perut rata usai melahirkan,” kata Jennifer Wider.

Hitungannya, sekitar 99 persen wanita tidak akan langsung memiliki perut yang rata dalam hitungan beberapa minggu, dan ini merupakan hal yang sangat wajar.

“Dan hal ini sebenarnya baik-baik saja. Ini benar-benar normal,” kata Profesor Kinesiologi dari Michigan State University, Jim Pivarnick.

Menurut Jim, pada saat hamil juga terjadi perubahan mekanisme tubuh secara perlahan. Hal yang sama pun terjadi usai melahirkan.

“Bahkan jika anda melakukan olahraga, tetap butuh hitungan bulan untuk membuat otot-otot di perut kembali sebelum hamil,” kata pria yang meneliti efek olahraga pada perempuan hamil seperti dikutip liputan6 dalam Glamour, Rabu (20/07).

Direktur Medis Miami’s FemCara Obgyn, Jason James, mengatakan, cepat atau lambannya pengempisan perut usai melahirkan juga tidak sama pada setiap wanita. Hal ini tergantung pada banyak faktor, seperti berat badan sebelum hamil, usia, genetik, ukuran janin dalam kandungan, aktivitas dan diet, serta menyusui. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini