Forum Mitra, Wali Kota Harapkan Tahun Infrastruktur Tuntas

BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota Bekasi menyelenggarakan forum mitra yang menjadi jembatan komunikasi antara Pemerintah Kota Bekasi dengan Provinsi Jawa Barat, provinsi tetangga DKI Jakarta, Pemerintah Pusat, dan tokoh masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi Koswara Hanafi mengatakan forum mitra ini menjadi wadah komunikasi antar pemangku kepentingan strategis terkait pembangunan di Kota Patriot, Jumat (21/4).

Koswara menambahkan forum mitra ini sebagai perwujudan bagaimana membangun Kota Bekasi secara bersama-sama. Pembangunan di Kota Bekasi saling terkait dengan daerah lainnya.

“Akan disampaikan kondisi, persoalan dan usulan pada pemerintah pusat, Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Usulan SKPD tersebut akan kami rangkum dan kita berdoa semoga ini memperoleh kelancaran karena kita membutuhkan kapasitas fiskal dalam membangun Kota Bekasi,” kata Koswara.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, perputaran uang di Kota Bekasi sangat tinggi. Untuk mengoptimalkan perputaran uang tersebut perlu sinergitas dan koordinasi yang baik dari kementerian maupun dari pemerintah provinsi.

Ia berharap acara forum sinergitas ini bisa menjadi akses untuk menyelesaikan pekerjaan di tahun infrastruktur. Apalagi Kota Bekasi banyak bersinggungan program dengan kementerian.

“Bekasi banyak bersinggungan program pusat seperti tol becakayu, LRT, dan lainnya. Mengurangi macet dan banjir membutuhkan anggaran yang luar biasa,” kata Rahmat Effendi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dalam sambutannya banyak program kementerian yang bersinggungan dengan Kota Bekasi. Mulai dari pelebaran jalan, pembangunan tol elevated, pembangunan JPL untuk mengangkut kontainer, pengambilan air baku untuk daerah Pondok Gede dan relokasi perumahan.

Ia meminta kepada Pemerintah Kota Bekasi untuk lebih mengintensifkan komunikasi program apa saja yang bisa di kerjasamakan oleh Kementerian PUPR.

“Berulang kali saya bilang pak wali manfaatkan saya dalam hal positif untuk melayani masyarakat Kota Bekasi. Semoga kita bisa kasih yang terbaik untuk Kota Bekasi,” kata Basuki.

Marjaya Ibrahim yang mewakili DPRD Provinsi Jawa Barat mengatakan, perkembangan Kota Bekasi memerlukan perhatian besar dari Kementerian PUPR. Perlu memperhatikan kawasan permukiman, saluran air dan persoalan banjir yang harus diatasi. (Bro/Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini