Sedekah Sampah Ala ASN Pemkot Bekasi

Infobekasi.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi memiliki cara baru untuk menekan pembuangan sampah ke TPS Sumurbatu di Bantargebang. Cara tersebut berupa sedekah sampah setiap Senin pukul 06.00-09.00.

“Jika konsisten, diharapkan dapat mengurangi sampah hingga 30 persen,” kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Senin (22/7).

Hari pertama dibuka program itu, kata dia, terkumpul sampah anorganik sampai dengan 1.372 kilogram. Selain itu, ada minyak bekas atau jelantah yang mencapai 17 liter. Sampah itu kemudian dikirimkan ke Sekretariat Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) yang berada di Mustikajaya untuk didaur ulang.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mencatat produksi sampah warga setempat setiap hari mencapai 1.500 ton dengan rincian 40 persen anorganik, dan 60 persen organik. Tri optimis jika program bank sampah digalakkan, maka akan mengurangi 500 ton yang dibuang ke TPA Sumurbatu di Bantargebang.

Melalui program itu, pemerintah berharap aparatur sipil negara menjadi teladan di masyarakat dalam mengelola sampah terutama anorganik. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini