Layanan Kependudukan di Kabupaten Bekasi Mengalami Gangguan

Infobekasi.co.id– Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Bekasi, sejak Jumat 16/10/2020 mengalami gangguan. Dan ini diperkirakan akan memakan waktu tiga hari untuk perbaikan.

“Dipermaklumkan dengan hormat berkenaan adanya gangguan/kerusakan system pada server siak kemendagri kab bekasi hari ini akan dilakukan perbaikan dan pemeliharaan server SIAK (Sistem Administrasi Kependudukan) dari Kemendagri, untuk itu pelayanan Adminduk hari ini Senin 19 Oktober 2020 sementara tidak dapat dilaksanakan, mohon berikan penjelasan kepada masyarakat yang mengurus adminduk hari ini dan yang sudah terlanjur datang ke kecamatan berkas nya diterima dan diberikan penjelasan, mohon maklum, terima kasih,” begitu bunyi pesan WA Grup yang sampai ke para kepala seksi kependudukan.

Akibat gangguan teknis ini ini pelayanan perekaman data dan pencetakan kartu tanda penduduk elekronik (KTP-el), pindah serta kartu keluarga (KK) terganggu, “Sebenarnya udah dua hari sejak Jumat,” ujar Mardiyah, petugas operator kependudukan di Kecamatan Tambun Selatan.

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Cikarang Barat., sejumlah warga terpaksa pulang karena pelayanan terganggu, “Saya mau urus KTP dan KK nggak bisa karena jaringan eror,” ujar Martinus Silaban.

Kata Silaban, menirukan ucapan petugas operator kependudukan, dua jenis pelayanan itu menggunakan data base yang tersentral di Pemkab Bekasi, terganggu, ”Untuk mengakses ke data base kesulitan,” tutur Silaban.

Menurut karyawan pabrik onderdil otomotif ini, dia sengaja cuti untuk mengurus Kartu Keluarga (KK), namun tidak bisa, “Katanya, sambil mengatakan, untuk cuti lagi tidak mungkin.

Sedangkan Fadhil, warga Mangunjaya Indah I,dia bermaksud mengurus KTP yang hilang untuk pengambilan ATM, namun dia juga kecewa. “Gajian saya masuk rekening dan harus diambil melalui ATM,” kata karyawan pabrik elektronik ini.

Karena itu, dia terpaksa menunggu lama, karena KTP yang diurus belum juga rampung, padahal sehari-hari dia perlu ongkos dan makan. “Terpaksa utang dulu ke temen,” kata lelaki yang mengaku bekerja di bagian finishing.

Sementara itu pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi , sudah menghubungi tim IT Kemendagri, “Insha Aallah hari ini dan besok tim IT dari kemendagri akan ke kabupaten bekasi untuk memperbaiki, mohon maaf apabila pelayanan Aadminduk hari ini senin 19 oktober 2020 dan selasa 20 oktober 2020 sementara tidak dapat dilakukan, mohon maklum dan arahan lebih lanjut, terima kasih,” ujar Hudaya, Ka Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

Reporter: Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini