Satpol-PP Kota Bekasi Beri Hukuman Sosial Pelanggar PPKM

Infobekasi.co.id – Sejumlah pelanggar kabijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Bekasi Timur, Kota Bekasi mendapatkan sanksi sosial, Kamis (14/1). Mereka disuruh menyapu jalan hingga membersihkan tempat ibadah.

Kasatpol PP Kota Bekasi Abi Hurairah mengatakan operasi non yustisia ini dilakukan diantaranya adalah bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat dengan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam masa penanganan Covid-19 di Kota Bekasi.

“Jadi giat operasi non yustisia ini, tidak kami lakukan di Kecamatan Bekasi Timur saja, tapi kami lakukan di seluruh kecamatan di Kota Bekasi,” ucap Abi saat ditemui infobekasi.co.id Kamis (14/01).

Ia menyampaikan asaran dalam operasi yustisia ini diantaranya adalah masyarakat yang tidak menggunakan masker serta tidak taat kepada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Justru kita ingin melindungi masyarakat dari adanya permasalahan Covid-19 ini,” jelasnya.

Kepada petugas, pelanggar PPKM banyak yang berdalih tidak punya masker dan lupa membawa masker.

“Rata-rata mereka yang terazia beralasan saya engga punya masker dan banyak juga yang pada lupa bawa,” paparnya.

Sanksi yang diberikan yaitu berupa hukuman sosial menyapu jalanan dan membersihkan musala. Misalnya, yang dilakukan beberapa orang yang terjaring operasi di wilayah Kecamatan Bekasi Timur hari ini.

“Jadi selain masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, mereka kita suruh membersihkan area yang ada di Kecamatan Bekasi Timur ini,” ulasnya.

Abi menambahkan, pelanggar bukannya tidak tahu ada kebijakan PPKM. Tapi, setelah terjaring razia mereka pura-pura tidak tahu.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini