Latu Har Hary Dorong Kota Bekasi Segara Capai Predikat UHC BPJS Kesehatan

Infobekasi.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Latu Har Hary pihaknya mendorong pemerintah daerah segera memenuhi cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

“Sekarang tingkat kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Bekasi baru mencapai 83 persen,” kata Latu kepada infobekasi.co.id, Selasa (9/11/2021).

Adapun predikat Universal Health Coverage (UHC) bisa diberikan jika kepesertaan BPJS Kesehatan di suatu daerah sudah mencapai 95 persen, baik yang PBI (penerima bantuan iuran) maupun non-PBI.

“Angka 83 persen menuju ke 95 persen masih sangat jauh, kami mendorong tahun depan target UHC sudah bisa tercapai,” ucap pria yang akrab disapa Bang Jampang ini.

Dengan capaian UHC, kata dia, mayoritas kesehatan masyarakat di Kota Bekasi bisa terjamin, karena sudah terlindungi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Karena itu, pihaknya mendorong pemerintah dan juga warga aktif dalam menyisir warga yang belum menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Yang belum menjadi peserta tinggal melapor ke dinas sosial, jika syarat terpenuhi, maka dinas kesehatan akan membiayai iuran BPJS Kesehatan kelas 3,” kata Latu. (fiz/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini