Eka Widyani Minta Pemprov DKI Perhatikan Kali Ciasem

Infobekasi.co.id – Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Eka Widyani Latief meminta Pemprov DKI memperhatikan kondisi Kali Ciasem. Pasalnya, pencemaran kali itu masih berkaitan dengan TPST Bantargebang.

“Kali Ciasem terjadi pencemaran airnya,” kata Eka kepada infobekasi.co.id, hari ini.

Menurut dia, Kali Ciasem yang hulunya di TPST Bantargebang butuh normalisasi. Aliran sungai ini melintasi permukiman penduduk sampai ke wilayah Tambun. Sejauh ini, baru ada rencana pemasangan jaring di hulu untuk menghalau sampah dari Bantargebang terbawa arus.

“Meski bukan wilayah DKI, Kali Ciasem harus mendapatkan perhatian dari Pemprov DKI,” kata Anggota DPRD Kota Bekasi dari Dapil Rawalumbu, Bantargebang dan Mustikajaya ini.

Ia menyebut, kondisi kali sudah mengalami pendangkalan, serta tanggulnya juga banyak yang sudah rapuh, juga tercemar akibat sampah dari Bantargebang. Imbasnya, daerah yang dilintasi aliran kali tersbeut mudah banjir. Karena itu, butuh penanganan serius demi meminimalisasi banjir maupun pencemaran.

“Kami mendorong normalisasi Kali Ciasem, bisa menggunakan dana bantuan DKI, melalui dana kemitraan,” ucap dia.

Seperti diketahui, Pemkot Bekasi setiap tahun mendapatkan dana hibah dari DKI sekitar Rp 370 miliar lebih. Uang ini untuk kompensasi bau sampah bagi warga terdampak yang bermukim di Kecamatan Bantargebang. Tahun depan total penerimanya mencapai 24 ribu keluarga.

Selain uang bau sampah, dana tersebut juga digunakan pembangunan infrastuktur jalan dan saluran, biaya pendidikan dan kesehatan di wilayah Bantargebang. (adi/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini