Parpol Kabupaten Bekasi Minta Bantuan Keuangan Naik tapi LPj Belum Diserahkan

Infobekasi.co.id – Laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan bantuan keuangan partai politik (Parpol) di Kabupaten Bekasi 2021 belum tuntas. Karena sampai akhir tahun kemarin, baru lima parpol yang menyerahkan LPj.

“Terimakasih kami ucapkan kepada partai yang sudah menyelesaikan LPj bantuan keuangan parpol. Untuk sementara yang sudah diserahkan ke Kesbang yaitu Partai Perindo, PAN (soft copy belum), PDIP, Golkar, PBB (hard copy belum),” kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Bekasi, Juhandi, Senin (3/1).

Bantuan keuangan partai politik bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi. Sehingga sudah seharusnya parpol menyerahkan LPj penggunaan bantuan keuangan.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 Pasal 16 disebutkan bagi parpol yang tidak menyerahkan atau melewati batas waktu penyerahan LPj maka tidak akan mendapat bantuan keuangan dari APBD/APBN.

Baca : Bantuan Keuangan Parpol Kabupaten Bekasi Naik Signifikan Tahun Depan

Juhandi mengimbau parpol agar menyerahkan LPj tersebut. Batas waktu penyerahan LPj bantuan keuangan ini diperpanjang selama sepekan, hingga 10 Januari 2022.

“Paling telat tanggal 10 Januari 2022,” ucap Juhandi.

Sekadar diketahui, parpol di Kabupaten Bekasi mengusulkan bantuan keuangan di 2022 naik menjadi Rp6 ribu per suara sah. Sebelumnya, bantuan keuangan di 2021 sebesar Rp1.500 per suara sah.

Kenaikan bantuan keuangan ini mencapai 300 persen. Juhandi menyebut alokasi anggaran bantuan keuangan parpol di 2022 menjadi sekitar Rp10 miliar dari sebelumnya sekitar Rp2 miliar.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini