1.113 Pelanggan PLN Cikarang Sudah Gunakan Kompor Induksi

Infobekasi.co.id – PT PLN (Persero) UP3 Cikarang mendukung program Jabar Smile (JAwa BARat SMart ElectrIc Green LifestylE). Program Bundling listrik di Jawa Barat berkonsep Green, Smart, dan Inovative dalam gaya hidup (Lifestyle) yang modern dengan harapan dapat membawa senyuman (smile) kebahagiaan di keseharian dan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik.

Manager PLN UP3 Cikarang, Ansats Pram Andreas Simamora mengatakan, melalui Jabar Smile ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari pelanggan PLN. Konsep yang diberikan adalah demand driven based customer need sehingga PLN mampu memberikan solusi kebutuhan dan yang diinginkan pelanggan secara optimal. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, PLN tentunya melalukan kolaborasi baik dengan PLN Group dan mitra kerja PLN.

Melalui Kerja sama tersebut menghasilkan produk layanan dengan special price sehingga manfaat yang didapatkan pelanggan setelah mengikuti program Jabar Smile ini lebih terasa dibanding pelanggan membeli produk di luar PLN.

Ansats menerangkan, salah satu produk Jabar Smile yang saat ini agresif dipasarkan oleh PLN UP3 Cikarang yaitu bundling listrik dengan kompor induksi. Untuk mendapatkan kompor induksi yang telah bekerja sama dengan UP3 Cikarang dengan special price maka pelanggan PLN dapat membeli melalui kantor PLN terdekat diantaranya kantor PLN Tambun, kantor PLN Cibitung, Kantor PLN Cikarang Kota, dan Kantor PLN Lemahabang.

Ansats menyampaikan, hari ini pihaknya mengundang pelanggan yang berada di sekitar kantor untuk diberikan sosialisasi dan edukasi manfaat penggunaan kompor induksi.

“Kegiatan memasyarakatkan kompor Induksi target sasarannya para ibu rumah tangga. Untuk hari ini kita mengundang 100 orang dari kelompok ibu ibu PKK yang dibagi dua kali sesi pertemuan,” terangnya pada Jumat (04/02/2022).

Kompor Induksi Ramah Lingkungan

Dikatakannya, Kompor Induksi adalah salah satu alat masak jenis baru yang ramah lingkungan. Memiliki karakteristik memasak tanpa api, tanpa asap, dan tidak membuang emisi seperti CO2 sehingga lebih aman dan ramah lingkungan. Energi yang digunakan adalah listrik.

Bentuknya yang minimalis dan modern menjadi daya tarik tersendiri, namun tetap unggul secara fungsi yang menghantarkan panas lebih merata dan efisien juga memiliki fitur canggih seperti smart timer dan child lock”.

Ansats menjelaskan, penggunaan kompor induksi lebih hemat dan terdapat sejumlah keunggulan maupun keuntungan yang masyarakat bisa dapat dibandingkan menggunakan elpiji.

“Yang pasti kompor induksi, aman. Masyarakat tak perlu takut meledak. Kedua, mudah dioperasikan karena tak perlu ganti selang. Yang ketiga, memakai kompor induksi lebih bersih. Apalagi pemerintah sedang menggenjot energi terbarukan yang hasilnya lebih bersih, Lebih Hemat. Jauh lebih hemat dibanding menggunakan Kompor LPG dan masakan lebih cepat matang,” jelasnya.

“Kompor Induksi memiliki pengaturan dengan tampilan digital dengan sekali sentuh, mudah disimpan dan bisa dibawa-kemana mana. Selain itu, sangat mudah digunakan atau dibersihkan, tinggal di lap saja. Penggunaan hanya perlu colok listrik saja, tidak perlu angkat tabung gas lagi” imbuh Ansats.

Menurutnya, selain penggunaan yang jauh lebih sederhana dan mudah, untuk harganya pun masih relatif terjangkau oleh masyarakat.

“Kompor induksi harganya dimulai Rp300 ribuan, masih relatif terjangkau,” kata dia.

Pihaknya mencatat, capaian pemasaran kompor induksi di UP3 Cikarang sejak Januari 2021 sampai Januari 2022 melalui program Jabar Smile mencapai 1.113 unit. Adapun di semester I tahun 2022, pihaknya menargetkan sebanyak 4.303 pelanggan PLN dapat mengikuti program Jabar Smile (JAwa BARat SMart ElectrIc Green LifestylE) dengan bundling kompor induksi. Hal ini selaras dengan komitmen PLN untuk mendukung pemakaian energi ramah lingkungan pada kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Ansats mengungkapkan, untuk mencapai target itu, petugas di lapangan telah diminta melakukan pemasaran kepada pemohon pasang baru baik individu maupun perumahan, serta door to door ketika melakukan perbaikan.

“Sosialisasi pelayanan satu pintu melalui PLN Mobile agar pelanggan mengetahui promo tambah daya bundling kompor induksi,” kata dia.

Antusias Ibu-ibu PKK Pakai Kompor Induksi

Terpisah, Diah Ayu, peserta asal Cikarang Pusat tampak antusias mengikuti sosialisasi program penggunaan kompor induksi dari PLN. Dirinya pun mengaku sangat tertarik untuk beralih menggunakan kompor induksi.

“Saya akan beralih ke kompor induksi setelah tahu banyak manfaatnya. Selain aman seperti yang di paparkan, saya sebagai ibu rumah tangga bisa menghemat pengeluaran uang dapur tanpa ada ketakutan kompor meleduk juga kan,” terang dia.

“Kita sebagai ibu rumah tangga harus pinter pinter menej keuangan kan karena itu tugas kita. Intinya bisa lebih berhemat dan anggaran bisa dialokasikan ke kebutuhan yang lain,” imbuhnya..

Sekadar diinformasikan, dalam sosialisasi penggunaan kompor induksi diadakan di rooftoop gedung PLN UP3 Cikarang yang dibuat seperti cafe dilakukan demo penggunaan kompor induksi dan memasak. Hasil masakannya di santap bersama. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini