Perusahaan di Kabupaten Bekasi Diwarning Soal Limbah Cair

Infobekasi.co.id – Perusahaan di Kabupaten Bekasi diingatkan agar mengelola limbah cair dengan hati-hati agar tidak merugikan warga sekitar. Jika abai, maka perusahaan pembuang limbah sembarangan akan berhadapan dengan pemerintah.

“Jadi semoga dengan kunjungan saya ini, para pengelola pabrik sekarang sudah harus berhati-hati. Karena mereka akan berhadapan dengan kami, pihak pemerintah,” ucap Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai meninjau kondisi Kali Sadang, Desa Wanasari, Cibitung, Rabu (1/6).

Dani meninjau kondisi Kali Sadang karena beberapa waktu lalu warna airnya berubah menjadi agak kemerahan. Diduga aliran kali tersebut tercemar limbah cair tekstil.

Dia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi sudah melakukan investigasi soal dugaan pencemaran Kali Sadang.

Baca juga : Satpol PP Kabupaten Bekasi Segel Perusahaan Pengelolaan Limbah

“Pembuang limbah saat ini masih dalam penyelidikan, diduga ada seorang atau perusahaan membuang limbah pabrik dengan membawa tangki,” katanya.

Selain penyelidikan, Dani juga menginstruksikan kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan supervisi kepada sejumlah perusahaan yang berlokasi di dekat aliran Kali Sadang.

“Tentu harus ada langkah preventif agar tidak terjadi kembali. Saya sudah instruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan pengawasan di sini dengan patroli atau kunjungan rutin maupun menggunakan alat seperti CCTV atau apapun,” ungkapnya.

Dani juga meminta masyarakat untuk membantu dengan melakukan pengawasan. Karena pihaknya memiliki keterbatasan, khususnya dalam pemantauan secara rutin.

“Saya meminta bantuan masyarakat sekitar, karena mereka di sini yang paling terdampak. Jadi apabila ada indikasi mencurigakan, langsung laporkan ke kami agar segera bisa ditangkap tangan. Karena kalau tangkap tangan prosesnya bisa lebih cepat. Tapi kalau belum ketahuan sumbernya, ini akan lama,” ucapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini