Pembentukan Sentra Gakkumdu Kabupaten Bekasi Tunggu Instruksi Pusat

Infobekasi.co.id – Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu pada Pemilu 2024 di Kabupaten Bekasi masih dalam proses pembentukan dan menunggu instruksi dari Bawaslu RI. Saat ini, koordinasi antar instansi sebelum pembentukan ini masih dilakukan.

“Nanti kita menunggu intruksi dari pusat, saat ini kita koordinasi saja dulu dengan lembaga-lembaga lainnya. Karena di Sentra Gakkumdu gabungan dari tiga lembaga, Bawaslu, kejaksaan, dan kepolisian,” ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri, Selasa (12/7).

Meski belum terbentuk, lanjut dia, struktur organisasi Gakkumdu sudah diketahui. Biasanya dari pihak kepolisian akan diisi oleh Unit Reskrim dan dari kejaksaan akan diisi oleh bagian pidana umum.

“Paling tidak masing-masing sudah nyiapin, nanti pas waktunya sudah siap. Nama-namanya nanti di stor ke Bawaslu, setelah itu baru di-SK-kan oleh Bawaslu,” kata Syaiful.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif Setyawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 10 personel untuk masuk ke dalam struktur Sentra Gakkumdu pada Pemilu 2024.

“Kami udah mulai menyiapkan nama-nama yang akan diusulkan untuk masuk ke Sentra Gakkumdu. Anggota yang sudah dipersiapkan untuk Gakkumdu sekitar 10 orang. Nanti dari kejaksaan dan Bawaslu akan bergabung,” ujarnya.

Disinggung soal pengamanan Pemilu 2024, untuk saat ini belum dilakukan secara ketat. Pengamanan akan menyesuaikan dengan jadwal tahapan dari KPU.

“Kalau itu nanti, semua ada komandonya dari KPU, jadwalnya sudah ada,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini