Ada 1.100 Koperasi di Kabupaten Bekasi, hanya 200 yang Sehat

Infobekasi.co.id – Sebanyak 1.100 koperasi tercatat di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Mandiri (UKM) Kabupaten Bekasi. Namun dari jumlah itu, hanya 525 koperasi yang diketahui masih aktif.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan, dari ratusan koperasi yang aktif tersebut tidak seluruhnya ‘sehat’. Berdasarkan catatannya, hanya sekitar 200 koperasi yang tergolong sehat.

“Tapi dari 525 koperasi yang masih aktif, hanya sekitar 200 yang sehat,” katanya, Rabu (21/9).

Baca juga : Seluruh THM di Kabupaten Bekasi Direncanakan Ditutup

Dia mengatakan, banyak penyebab koperasi vakum di Kabupaten Bekasi. Di antaranya karena sudah tidak ada aktivitas, belum memperbaharui legalitas dan kredit macet.

“Ada juga koperasi yang tidak aktif karena sudah lama tidak mengadakan RAT, tapi koperasi yang sudah tidak aktif itu masih tercatat di kita,” ucapnya.

Pemerintah daerah, kata Iyan, saat ini sedang menyisir kembali koperasi yang sehat. Karena pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan untuk memprioritaskan kualitas ketimbang kuantitas koperasi.

“Sekarang ini kita fokusnya ke kualitas, jadi tidak mengejar kuantitas, arah kebijakan pemerintah seperti itu. Jadi dari pada koperasi banyak tapi tidak berkualitas. Kita sudah membentuk satgas untuk menyisir itu, jadi kita checking aktivitas dan pengurusnya,” ungkapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini