Gubernur Jabar: Bisnis UMKM Pesantren Raup Omzet Miliaran Rupiah

Infobekasi.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, sebanyak 2.800 Pesantren di Jawa Barat sudah tergabung dalam program One Pesantren One Product (OPOP). Program ini, merupakan program produk UMKM diproduksi dan dikembangkan langsung  beberapa Pesantren di Jawa Barat.
Ia mengatakan, pesantren tersebut yang tergabung OPOP, merupakan hasil selama empat tahun program yang sudah berjalan. Dengan target realisasi sebanyak 5.000 Pesantren.
“Ekonomi keumatan di Jawa Barat sangat Juara. Ada 2.800 bisnis lahir selama 4 tahun. Selain itu, target 1.200 Pesantren lagi mendekati 5.000 bakal kita selesaikan di tahun depan,” ujar Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Pondok Pesantren ANNUR, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, saat acara Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2022, Senin (28/11/22).
Lebih jauh Kang Emil menjelaskan, program ini dinilai konkrit dari segi keberhasilan. Sebab,  ada omzet para pelaku UMKM. Untuk keuntungan, bisa mencapai miliaran rupiah.
“Ini menandakan konkrit programnya, Ada yang omzetnya bisa Rp.2 Miliar hingga Rp. 3 Miliar. Berkat program ini. Pelaku UMKM yang terbaik juga kita kirim ke luar negeri untuk pameran,” bebernya.
Selain itu, dirinya menambahkan, adanya program ini juga sudah melahirkan sebanyak ribuan pelaku bisnis yang ada. Diharapkan, lembaga pesantren di Jawa Barat bisa mandiri secara ekonomi, berinovasi dan melek digital.
“Semoga ini bisa diapresiasi dan menginspiratif, Begitu pula melalui pembelinya, kita juga punya 70 partner pembeli, untuk produk-produk dari kalangan pesantren. Dari target sisanya itu, nantinya akan kita kejar,” tegas Kang Emil.
Kontributor: Denny Arya Putra 
(drs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini