Sepuluh Tahun Gunungan Sampah di Pinggir Kali Cikeas

Infobekasi – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengangkut sampah di pinggir Sungai Cikeas, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi mulai Sabtu pagi, 12 Aagustus 2023 kemarin. Diperkirakan sampah menumpuk di sana mencapai 500 ton.

“Informasi dari Lingkungan Hidup (LH) sampah ini ada 500 ton, dengan luas kurang lebih ada 8 ribu meter persegi,” ujar Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi, Sabtu (12/8/2023) pagi.

Awal mula bisa ditemukan tumpukan sampah tersebut, rupanya berawal dari warga sekitar yang hendak mengelola bank sampah pada tahun 2013.

Karena memiliki manajemen yang buruk, akhirnya sampah tersebut tak dapat dikelola dengan baik. Sementara, Apandi yang baru menjabat sebagai lurah Jatirangga tahun 2018. Ia sempat menegur pengelola untuk dilakukan penataan yang baik.

Fase pandemi Covid – 19, kata dia, kurang termonitor, hingga tumpukan sampah makin melambung tinggi.

“Awalnya masyarakat ingin mengelola berbentuk bank sampah, hanya mereka belum teredukasi dan proporsional, tapi kenyataannya bank sampah ini pembuangannya ke TPA sehingga terjadi penumpukan yang luar biasa,” ungkapnya.

Bersama relawan, setiap hari diangkut sampah sebanyak 25 ton menggunakan truk milik Dinas Lingkungan Hidup. Proses pembersihan diperkirakan memakan waktu selama dua pekan.

“Kalau tutup permanen kita tunggu unit Penegakan hukum (Pemkot Bekasi),” ucap Apandi.

Akan Dibangun Wisata Rafting

Bersama dengan relawan dan komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas, pihaknya kemudian membersihkan sampah dialiran sungai Cikeas, persis dipinggir area sampah. Pembersih ini, merupakan aksi sekaligus untuk membuat lingkungan menjadi tertata.

Apandi menjelaskan, aliran sungai dapat dimodifikasi sebagai area wisata Rafting.

“Kita buat penghijauan pohon, karena kelurahan Jatirangga mau buat aliran sungai ini jadi wisata rafting sehingga kita laksanakan tidak ada sampah sebagai nya,” tutup Apandi. (Fahmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini