Temuan DLH Kota Bekasi: Sumber Pencemaran Kali Bekasi dari Limbah Tekstil Kali Cileungsi Bogor

Infobekasi.co.id – Pencemaran Kali Bekasi, kembali terjadi lagi pada Minggu (13/8/23) malam. Kandungan air Kali Bekasi mengandung zat berbahaya limbah tekstil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yudianto mengatakan, pihaknya kembali melakukan pemantauan di Bendung Presdo Kali Bekasi, Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan, Senin (14/8/2023) pagi hari.

“Dari komunitas KP2C, kita temukan batasan sumber pencemarannya bukan berada di Bekasi. Sumber pencemaran ada di aliran Kali Cileungsi yang ada di Kabupaten Bogor,” Kata Yudianto, Senin (14/8/23).

Setelah dilakukan uji coba laboratorium, ditemukan adanya kandungan berbahaya. Salah satunya limbah tekstil.

“Klorin, artinya ada limbah terkait dengan sisa aktivitas pencucian pakaian atau pencucian berwarna buat tekstil, diduga berasal dari pabrik industri garmen atau pencuci pakaian,” beber Yudianto.

Kata Yudianto, pihaknya bakal berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. Kemudian menyerahkan hasil uji lab pencemaran Kali Bekasi ke DLH Provinsi Jawa Barat.

“Dampak yang ditimbulkan di wilayah Bekasi penurunan debit air untuk cadangan baku di Tirta Patriot, sehingga memengaruhi pelayanan PDAM,” katanya.

Reporter  : Fahmi 

Editor        : D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini