Berburu Buah Lokal Yang Sudah Jarang Beredar di Pasar

Infobekasi.co.id –  Pedagang buah di Bekasi kini kebanjiran beraneka macam buah lokal yang tidak ada di supermarket, maupun di toko buah.

Rasa yang khas dan jarang ditemui, membuat buah tersebut diburu pembeli saat panen.

Tengok saja di Jalan Dewan Dakwah, Kampung Bulu Desa Setiamekar, Tambun Selatan.
Buah buni, kecapi, alkesa, jambu monyet, matoa, sawo dan kedondong, terhampar di dua lapak bocah Bekasi.

“Ini buni kiriman dari Cigetis, Karawang, panen besar di tempatnya,”  ujar seorang pedagang buah, Bang Ipuy, saat ditemui infobekasi beberapa waktu lalu.

Harga buah buni, dijual murah Rp10 ribu per kemasan. Buah buni adalah buah yang umum ditemukan di beberapa negara Asia seperti India, Malaysia, dan Singapura.

Buah dengan nama latin Antidesma bunius ini dapat dikatakan langka di Indonesia.

Buah buni dapat dinikmati secara langsung atau diolah menjadi selai atau rujak dan banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Beberapa artikel menyebutkan buah berwarna terang dan kecil ini dapat menjaga kesehatan jantung dan anti oksidan.

Sementara alkesa, atau juga disebut sawo ubi, sawo belanda, atau kanistel adalah tumbuhan pohon buah yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan.

Tanaman ini memang termasuk tanaman sawo-sawoan, yang berbuah setiap saat, atau tidak mengenal musim. Ipuy mengatakan, buah alkesa banyak dicari ibu-ibu hamil.

“Biasanya dimakan langsung tidak dibikin rujak,” jelasnya.

Untuk harga buah kecapi dijual Rp10 ribu per kilo, karena buah serumpun dengan manggis ini tidak pernah di jual satuan, malah ada yang di jual pertumpuk.

“Biasanya yang beli juga ibu-ibu hamil karena kepengen aja. Beli sekilo dimakannya satu,” Imbuh Ipuy.

Buah dengan rasa yang manis dan sedikit asam ini sering diolah menjadi manisan, rujak atau marmalade.

Tidak hanya lezat, buah eksotis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara ini juga mengandung banyak nutrisi.

Selain buah lokal, ada juga buah ‘pendatang’ seperti matoa, yang rasanya beraroma duren dan jambu moyet atau jambu mete yang dijual di lapak pedagang tersebut.

Sekedar informasi, buah matoa adalah buah asal Papua yang kaya manfaat. Manfaat buah matoa ini datang karena sumber antioksidan, sangat baik sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, serta melawan infeksi virus dan bakteri.

Jambu monyet, atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki “buah” dapat dimakan.

Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete, atau kacang mente, bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Kontributor : H. Saban

Editor : Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini