Viral Pasien Kecelakaan Dirujuk Pakai Mobil Bak Terbuka, Begini Duduk Perkaranya

Infobekasi – Seorang pasien kecelakaan lalu lintas dirujuk ke rumah sakit dari Puskesmas Muara Gembong ke RSUD Kabupaten Bekasi dengan mobil bak terbuka. Videonya viral karena dinarasikan puskesmas tidak memfasilitasi mobil ambulans.

“Minjem ambulans Muara gembong kayanya bobrok, besok besok para dinas kesehatan untuk mobil yang seperti ini diganti saja sama yang baru, katanya mobil antar pasien ini, mobilnya kurang memungkinkan, dijual aja pak mobilnya dijual, buat apa cuma jadi pajangan doang,” demikian suara di balik video yang beredar.

Suara pria itu mengomentari adanya satu unit mobil operasional keliling yang ada di puskesmas. Mobil tersebut tidak memiliki standar mengevakuasi pasien karena tidak dilengkapi tempat tidur, juga sedang mengalami masalah pada mesin. Adapun mobil ambulans untuk pasien milik Puskesmas sedang dalam perbaikan di bengkel.

“Itu korban laka tunggal, nabrak ayam di jalan terus jatuh,” ucap tokoh masyarakat setempat, Pitung, Kamis (21/12/2023).

Korban kecelakaan dibantu oleh Forum Muara gembong Bersatu (FMB) ke puskesmas. Namun, karena lukanya serius harus dirujuk ke rumah sakit umum. Tapi, di sana tidak tersedia mobil ambulans karena sedang di bengkel, sementara mobil puskesmas keliling juga bermasalah.

“Namanya masyarakat, muncul lah pemberitaan pemberitaan seperti itu,” jelasnya.

Meski demikian, Pitung meminta puskesmas meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai peristiwa serupa terjadi atau pasien butuh rujukan tapi tidak ada kendaraan yang bisa dipakai membawa pasien ke rumah sakit.

Kepala Puskesmas Muaragembong, Ridwan Meito mengatakan, pihaknya berjanji akan memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat di tempatnya.

“Untuk pasien Insyaallah nanti dapat pemulihan dan kesembuhan, kami pastinya akan melakukan kunjungan rumah, sudah memantau melakukan pemeriksaan,” kata Ridwan Meito yang juga berjanji akan melakukan evaluasi komunikasi dengan masyarakat.

Reporter: Fahmi
Editor: Adi T

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini