Setelah Parkir Meter, Pemkot Bekasi Akan Launching Mini Parkir Meter

Mini parkir meterBekasi Selatan – Guna mewujudkan Kota Bekasi menjadi Smart City, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan dan Dinas Tata Kota melakukan ujicoba Smart Parking dengan sistem parkir meter selama 90 hari terhitung per tanggal 1 Agustus 2015. Belum selesai sampai disitu, bulan Oktober nanti Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan PT Pan Satria Sakti akan melakukan inovasi dengan melaunching Mini Parkir Meter.

“Kita sepakati, setelah uji coba parkir meter akan ada Launching alat Mini Parkir meter di bulan Oktober,” ujar Budi Hartono dari PT Pan Satria Sakti saat melakukan Konfrensi Pers di Humas Pemkot, Senin (28/9).

Alat yang berukuran seperti ATM mini yang biasa disediakan di minimarket untuk pembayaran via ATM ini, dikatakan Budi akan dapat berfungsi sebagai mini kasir dalam pembayaran parkir meter yang terkoneksi dengan mesin utama Parkir Meter.

“Kita akan terus usahakan untuk hindari cash. Jadi nantinya masyarakat bisa membayar via debit ATM ataupun E-money. Kalau malas dan merasa ribet untuk membayar ke mesin utama, maka petugas parkir yang akan menghampiri,” jelasnya.

Budi menjelaskan, memang dengan sistem membayar dengan kartu belum bisa dengan cepat dioptimalkan.

“Kan nggak semua orang punya kartu ATM ataupun E-money. Maka itu perlu langkah-langkah untuk membudayakan penggunaan kartu secara konsisten. Itu kan perlu proses dan komitmen,” paparnya.

Untuk tarif parkir sendiri, lanjut Budi, masih sama memberlakukan tarif retribusi yang diberlakukan pemerintah, yaitu Rp 2000 untuk motor dan Rp 3000 untuk mobil.

“Kami memberikan tarif flat, yaitu per satu kali kunjungan. Artinya, isu-isu yang mengatakan bahwa parkir meter dibayar per jam itu tidak benar,” jelasnya.

Kedepan, PT Pan Satria Sakti akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk parkir meter. diantaranya adalah pengembangan fungsi sehingga mesin parkir meter nantinya dapat menjadi mesin yang multifungsi.

“Ini kan sudah benar-benar era keterbukaan. Nantinya, mesin ini akan mampu untuk melakukan transaksi pulsa handphone, token listrik, pembayaran PAM dan lainnya,” pungkas dia. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini