Biaya Haji Turun, Kemenag Kota Bekasi Jamin Pelayanan Tetap Sama

Ilustrasi HajiBEKASI SELATAN – Kementerian agama (Kemenag) Kota Bekasi menjamin tidak akan mengurangi fasilitas dan pelayanan bagi para jamaah haji, meskipun Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mengalami penurunan.

“Alhamdulillah, dengan penurunan harga yang terjadi, beban masyarakat jadi berkurang. Namun, kita akan tetap beri pelayanan terbaik pada jamaah. InsyaaAllah, fasilitas tidak berkurang,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah, Hasbiallah, kepada infobekasi.co.id, Selasa (03/05).

Menurut Hasbiallah, melihat dari survei tahun lalu dari jamaah asal Indonesia, bahwa jamaah merasa sangat puas atas pelayanan dari Kemenag, sehingga mendapat poin sebesar 85.

“Tentunya kami pasti berusaha untuk lebih meningkatkan fasilitas lagi, dengan tidak menurunkan yang sudah ada. Misalnya, dengan menggunakan hotel minimal bintang tiga,” ungkapnya.

Ia juga menginformasikan, bahwa ada kemungkinan jemaah haji asal Indonesia mulai tahun ini juga akan mendapatkan peningkatan jumlah makan, yaitu jadi sebanyak dua puluh empat kali.

“Mulai tahun lalu juga, untuk makan kita menggunakan boks, jadi tidak lagi prasmanan. Dan itu kami rasa sangat efektif. Sehingga kami akan lakukan itu lagi di tahun ini,” jelas dia.

Hasbiallah menyebutkan, untuk kuota tahun ini, akan diberangkatkan sebanyak 1.983 jemaah, sama seperti tahun lalu.

Namun, satu hal yang dicatatkan, masih menjadi tantangan bagi panitia penyelenggara haji, yaitu para jamaah haji yang masih awam terhadap teknologi.

“kan 90 persen masih pemula atau awam. Jadi kadang masih banyak jemaah yang belum mengerti penggunaan kunci hotel, misalnya. Nah, ini tantangan bagi kita dan pemerintah, sekaligus pembelajaran buat kita kedepannya,” katanya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini