Hindari Jenuh, SMP Negeri 1 Rolling Siswa UNBK

BEKASI TIMUR – Untuk menghidari rasa jenuh di siswanya yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMP Negeri 1 Bekasi tetapkan rolling bagi siswanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bekasi, Supardal, kepada infobekasi.co.id, Rabu (3/5), menuturkan bahwa UNBK yang baru kali pertama dilaksanakan di sekolahnya tersebut, memang menjadi salah satu momen spesial bagi siswa kelas sembilan di SMP Negeri 1 Kota Bekasi.

Selain melaksanakan ujian dengan tiga sesi, pihak sekolah juga melaksanakan sistem ujian UNBK dengan sistem rolling bagi para siswa di sekolah.

“UNBK di SMPN 1 Bekasi baru kali pertama dilaksanakan, dan untuk menghindari rasa jenuh siswa kami menerapkan sistem rolling untuk sesi siswa yang mengikuti ujiannya,” jelasnya.

Diakui Supardal, sistem rolling tersebut nantinya dilakukan dengan cara merubah waktu masuk bagi siswa yang ikut ujian UNBK-nya, seperti siswa yang mengikuti UNBK pada sesi satu, keesokan harinya dia masuk ujian pada sesi kedua.

“Begitu juga seterusnya, mereka yang ujian disesi kedua, besoknya mereka masuk ujian di sesi ketiga dan siswa yang masuk disesi ketiga masuk disesi pertama,” ungkapnya.

Ressa Barokah Kusumawardani, siswa kelas sembilan SMPN 1 Bekasi, mengatakan kurang begitu setuju dengan adanya sistem rolling untuk ujian UNBK di sekolahnya.

Menurutnya, dirinya yang saat ini masuk ujian UNBK di sesi ketiga, keesokan harinya harus masuk ujian di sesi pertama. Sehingga memotong waktu belajar di rumahnya.

“Kebetulan hari ini saya ujian di sesi ketiga dan besok harus masuk ujian di sesi pertama, ada waktu belajar yang terpotong,” keluhnya.

Sementara itu, R. Kesawa Raafi Harjuno, mengatakan bahwa sistem rolling yang diterapkan di sekolahnya sebenarnya tidak menjadi masalah.

“Karena siswa yang melaksanakan UNBK bisa merasakan ujian di pagi maupun siang hari dan bisa merasakan atmosfir yang berbeda disetiap sesinya,” pungkasnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini