Waspada Virus Corona, 14 TKA Cina Dikarantina di Cikarang

Infobekasi.co.id – Sebanyak 14 TKA asal Cina di Cikarang, Kabupaten Bekasi harus dikarantina karena baru saja tiba dari Cina dua pekan lalu. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang tengah mewabah di Cina.

Belasan TKA tersebut adalah pekerja PT CSCEC (China State Construction Engineering Corporation) di kawasan industri Cibatu, Cikarang Selatan. Proses karantina dilakukan sejak Senin lalu begitu mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

“Kepada perusahaan yang diketahui terdapat orang 14 TKAnya telah melakukan perjalanan terakhir ke Tiongkok, agar mengkarantina pegawainya di tempat tinggalnya untuk meminimalisir kontak dengan TKA lain,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2) petang.

Di perusahaan itu, kata dia, total ada sebanyak 48 TKA asal Cina. Namun, hanya 14 orang yang terdeteksi baru melakukan perjalanan dari negara asalnya dua pekan sebelum ada pemeriksaan. Karena itu, instansinya merekomendasikan 14 orang tersebut dikarantina sampai dua pekan kedepan.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan kepada TKA asal Cina di Kabupaten Bekasi dilakukan sejak Kamis (6/2). Beberapa perusahaan yang mempekerjakan TKA asal Cina telah didatangi, seperti PT Mahkota Sentosa Utama, pengembang proyek apartemen Meikarta, dan PT Wulling Indonesia. Kemudian ada PT Mengniu Dairy Indonesia.

Meski tak ada temuan suspect corona, pihaknya menghimbau kepada seluruh TKA agar menggunakan masker, menerapkan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan perusahaan. Dan juga melaporkan setiap kejadian yang dicurigai mengarah ke virus corona.

“Pemeriksaan kepada TKA yang bekerja di Kabupaten Bekasi diperkirakan akan selesai sekitar tanggal 18 atau 19 Februari mendatang,” ungkap Sri. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini