TPS Baru Kabupaten Bekasi Direncanakan di Sekitar Tambun

Infobekasi.co.id – Lokasi tempat pembuangan sementara (TPS) sampah direncanakan tidak jauh dari lokasi TPS sampah ilegal di bantaran Kali CBL Tambun Selatan yang ditutup Pemerintah Kabupaten Bekasi kemarin.

“Kita masih cari lahan untuk TPS, tapi tidak jauh dari lokasi itu (TPS) ilegal. Lahan yang akan kita gunakan milik pemerintah daerah, bukan lagi di lahan milik PJT,” kata Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki, Rabu (26/1).

Pembangunan TPS sampah yang baru ini nantinya akan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat. Tempat pembuangan sampah ini juga akan menerapkan teknologi pengolahan sampah terpadu.

“Nanti akan dibuatkan TPST di sekitar itu (TPS ilegal), jadi di TPS yang baru ada pengolahannya juga. Makanya kita masih cari lokasinya yang lahannya milik pemkab,” kata Marjuki.

Lahan yang akan disiapkan untuk TPS sampah baru kemungkinan lebih dari satu tempat. Karena tumpukan sampah sepanjang 1,3 kilometer di Kali CBL beratnya diperkirakan mencapai ribuan ton.

“Itu (TPS ilegal) kan besar, jadi pastinya untuk TPS baru akan lebih dari satu titik lokasi. Tapi saya belum bisa memastikan berapa titiknya, yang penting saat ini ada solusinya dulu,” ucap Marjuki.

Untuk penanganan tumpukan sampah di bantaran Kali CBL, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan meminta bantuan dari TNI. Rencananya tumpukan sampah tersebut sebagian akan diangkut ke TPS Burangkeng, Kecamatan Setu.

“Sebagian diangkut. Kita minta bantuan TNI, kita yang punya armada dan tenaganya kita minta bantuan TNI. Kemudian nanti diratain atau diurug pakai tanah biar di atasnya bisa ditanam pohon, jadi bisa buat penghijauan juga,” ungkapnya.

TPS sampah ilegal di bantaran Kali CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, ditutup Pemerintah Kabupaten Bekasi. Penutupan TPS tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bekasi dari kesepakatan antara delapan bupati/wali kota dengan lima kementerian dan lembaga untuk membenahi permasalahan sampah.

Dari kesepakatan itu juga, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR bersedia memberikan dana bantuan pembangunan infrastruktur bagi delapan daerah tersebut yang berkomitmen melakukan pembenahan.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini