Kabupaten Bekasi Terapkan Teknologi 3R untuk Kelola Sampah

Infobekasi.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi akan menerapkan sistem tempat pembuangan sementara (TPS) sampah 3R, yakni reduce, reuse dan recycle. Sistem 3R itu rencananya bakal diterapkan di enam titik lokasi.

“Total target ada enam titik yang akan dibangun, yaitu Kecamatan Tambun Selatan, Cibitung,  Cikarang Utara, Tambun Utara dan Babelan. Yang sedang dibangun berjalan Tambun Selatan Desa Mangunjaya dan Cibitung Kelurahan Wanasari,” ucap Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Eman Sulaeman, Senin (25/4).

Dia menjelaskan, TPS 3R merupakan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah dan pengayak yang lebih efektif dan efisien. Penerapan sistem ini untuk menekan volume sampah yang terus melonjak dan membebani tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Burangkeng, Kabupaten Bekasi.

“Di wilayah Kecamatan Cibitung dibangun TPS 3R saat ini sedang proses berjalan, ini adalah bentuk wujud dari peningkatan peran serta masyarakat untuk melakukan pengelolaan persampahan,” katanya.

Baca juga : 4 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Disurvei untuk TPST Sampah

Eman meminta peran dan dukungan masyarakat dalam menerapkan sistem 3R tersebut seperti di Kelurahan Wanasari. Di RW 18 kelurahan tersebut, kelompok masyarakat mengelola sampah layaknya bank sampah.

“TPS 3R ini dibangun dan menerapkan teknologi komposting juga, yaitu sebuah program untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk,” ucapnya.

Pengelolaan sampah menggunakan sistem 3R ini, lanjut Eman, juga berdampak positif bagi masyarakat. Karena masyarakat setempat diberdayakan dan menjadi lebih peduli terhadap lingkungannya.

“Kita juga berikan bantuan dump truk sampah sebanyak 18 unit untuk peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah di daerahnya,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini