Panwascam Kabupaten Bekasi Dilantik 28 Oktober, Langsung Seleksi Panwas Desa

Infobekasi.co.id – Sebanyak 512 calon anggota panwascam saat ini masih menjalani proses seleksi di Bawaslu Kabupaten Bekasi. Dari ratusan kandidat, nantinya hanya 69 orang yang lolos menjadi pengawas pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bachri mengatakan, ratusan calon anggota panwascam saat ini sedang diperiksa kelengkapan dokumen dan administrasinya. Kandidat yang lolos seleksi akan diumumkan pada pekan depan.

“Prosesnya sudah dimulai pekan lalu. Sampai hari ini ada 512 orang yang daftar. Berkasnya masih kami periksa dan akan kami umumkan Rabu pekan depan,” ucapnya, Rabu (12/10).

Kandidat yang dinyatakan lolos akan kembali menjalani tes tertulis di SMKN 2 Cikarang Barat pada 15-16 Oktober 2022. Pada tes ini, hanya 138 orang yang dipastikan lolos dan mengikuti tes selanjutnya hingga tahap akhir.

“Seleksi tahap akhir dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Oktober 2022 mendatang. Kami membutuhkan 69 orang,” kata Saiful.

Pendaftar yang lolos seleksi ini nantinya akan ditempatkan di setiap kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Untuk satu kecamatan, akan ditempatkan tiga anggota panwascam.

“Karena ada 23 kecamatan, jadi per kecamatan nantinya punya tiga orang komisioner panwascam. Sehingga nanti seleksi tahap akhirnya, ada enam orang per kecamatan dengan total 138 peserta,” katanya.

Berdasarkan rencana, 69 kandidat yang lolos menjadi anggota panwascam akan dilantik pada 28 Oktober 2022. Anggota panwascan ini kemudian diberi tugas untuk menyeleksi pengawas di tingkat desa/kelurahan.

“Seleksi panwas desa merupakan tugas panwascam. Jumlahnya hanya satu orang di setiap desa. Karena jumlah desa/kelurahan di Kabupaten Bekasi ada 187, maka kami butuh 187 orang panwas desa,” kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini