Lahan untuk Tol Becakayu di Tambun Mulai Diukur

Infobekasi.co.id – Warga di tiga desa dan satu kelurahan wilayah Tambun Selatan, yang tanah dan bangunannya terkena proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), berharap pemerintah membayar ganti untung.

“Mudah-mudahan pemerintah membayar tanah dan bangunan saya di atas harga pasaran,” ujar Ny Umi, warga RW 01 Kelurahan Jatimulya, yang Kamis (20/10/2022), tanahnya termasuk proyek Tol Becakayu.

Ada tiga desa yakni Desa Setiadarma, Lambangsari dan Lambang Jaya serta satu Keulrahan yakni Jatimulya, Tambun Selatan , yang dilintasi proyek lanjutan Tol Becakayu.

Camat Tambun Selatan Junaefi menjelaskan pengembang yang akan menggarap proyek perpanjangan Tol Becakayu. Namun dia belum mendapatkan kepastian mengenai jumlah rumah yang lokasi akan terdampak proyek pembangunan.

“Sekarang lagi didata dengan cara pengukuran. Tapi proyeknya itu memanjang di Desa Setiadarma, Lambang Sari, Lambang Jaya dan Kelurahan Jatimulya,” katanya.

Sementara itu pengukuran lahan yang dilakukan Kementerian PUPR, BPN, Dinas Bangunan, Dinas Pertanian dan pihak Kelurahan Jatimulya melakukan pengukuran di RW 01,02,03 dan lanjut ke arah timur.

Lokasi perpanjangan Tol Becakayu itu berada di sisi utara Jalan Kalimalang,lanjut menyeberangi Saluran Tarum Barat (Kalimalang) dan masuk ke pintu gerbang Grandwisata.

Pemerintah melalui kantor Staf Presiden (KSP) memastikan pembangunan Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2B dilanjutkan hingga ke wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi.

Menurut Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta, rencananya ruas tol itu akan mulai beroperasi pada 2024, setelah mendapat komitmen dari PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku badan usaha jalan tol.

Dikatakan oleh Febry, untuk bisa mencapai target tersebut, pemerintah akan membahas rekomendasi dari Kementerian ATR/BPN serta revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi. (saban)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini