TPA Burangkeng Bekasi Diperluas 2,2 Hektare

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten  Bekasi berencana menambah lahan TPA Burangkeng di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu seluas 2,2 hektare. Penambahan lahan itu rencananya akan direalisasikan pada 2023.

Jika penambahan lahan tersebut direalisasikan, maka pada 2023 TPA Burangkeng luasnya menjadi 11,6 hektare.

“Menurut perda-nya, luas lahan yang diperbolehkan untuk TPA Burangkeng hanya 11,6 hektare saja. Lahan yang terpakai sudah 9,4 hektare. Kalau kami perluas lebih dari 2,2 hektare, malah akan melanggar perda,” ucap Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Rabu (9/11).

Selain menambah luas lahan, opsi lain juga akan dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah yang overload di TPA Burangkeng. Seperti pembenahan pengelolaan dan menerapkan teknologi untuk pengolahan sampah.

Baca juga : TPA Burangkeng Bekasi Over Kapasitas Sejak 2020

Menurut Dani, pembenahan tersebut sangat diperlukan. Karena dengan bertambahnya jumlah penduduk Kabupaten Bekasi maka sampah yang dihasilkan juga bakal meningkat.

“Sekarang penduduk sudah 3,9 juta berdasarkan data terbaru. Kalau pun nambah armada pelayanan, nantinya bisa sampai 1.000 ton per hari sampah yang masuk ke TPA Burangkeng. Sehingga tambahan 2,2 hektare enggak akan bertahan lama, paling hanya setahun sudah penuh lagi,” ungkapnya.

Dia berharap persoalan sampah bisa dibahas bersama DPRD Kabupaten Bekasi, termasuk revisi Perda RTRW agar lahan TPA Burangkeng bisa ditambah.

“Tampaknya kami harus merivisi perda, karena timbunan sampahnya nambah terus, meskipun memperbanyak bank sampah, buat TPS3R dan TPST, tetap pada akhirnya TPA harus ditambah lahannya, minimal lima hektare lagi sehingga total jadi 16 hektare nanti,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini