Membeludaknya Pencari Kerja Saat Job Fair, Ini Kata Pemkot Bekasi

Infobekasi.co.id – Plt Wali Kota Tri Adhianto berencana untuk melakukan tahap evaluasi, selepas terlaksananya kegiatan Job Fair.

Tri menilai, dari pelaksanaan kegiatan tersebut, masih ada pekerjaan rumah yang mesti segera dibenahi.

“Tentu pasti masih banyak kekurangan perlu kita perbaiki. Ini merupakan bagian evaluasi, agar Job Fair tahun depan insyallah harus lebih baik lagi,” kata Tri saat ditemui Infobekasi.co.id di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Selepas Pelaksanaan Apel Pagi, Senin (20/03/2023).

Job Fair tahun ini para pencari kerja (pencaker) yang mendaftar sekitar 7,500 orang. Sedangkan, loker yang tersedia hanya berkisar 3,500.

“Itu adalah salah satu solusi bagaimana Pemerintah Kota Bekasi mempertemukan perusahaan, dengan para pencaker. Ini saya belum lihat laporannya berapa yang hari ini terterima. Karena kan ada proses lanjutannya, kemarin hanya mendaftar, setelah itu ada proses lanjutan yang akan dilakukan oleh masing-masing perusahaan,” tandasnya.

Tri bakal meminta kepada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi untuk lebih bekerja keras kembali, dalam mencari perusahaan tidak hanya di Kota Bekasi agar ikut berpatisipasi gelaran Job Fair.

“Kita mungkin juga akan mencari perusahaan perusahaan yang ada diluar Bekasi. Kemudian mereka membuka layanan untuk mempermudah, baik kedekatan antara pencari kerja yang berasal dari Kota Bekasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada,” tutur Tri.

Data Badan Pusat Statistik Kota Bekasi, persentase tingkat angka pengangguran di Kota Bekasi tahun 2021 mencapai 10,88 persen. Tahun 2022, menurun 8,81 persen.

“Kita terus berupaya, utamanya adalah bagaimana kita menghidupkan sektor ril yang ada. Dengan 2,4 juta jiwa masyarakat yang ada di Kota Bekasi, saya kira ini menjadi satu pasar luar biasa dari segi UMKM. Sekarang jumlah ekonomi kreatif hampir ada 18 prioritas yang ada di Kota Bekasi, mereka bisa menjadi sektor unggulan dalam rangka penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi, Junaedi menyampaikan, beberapa tahap evaluasi yang mesti dilakukan. Salah satunya ialah harus ada kemitraan antara perusahaan dengan pemerintah, supaya terjalinnya Komitmen Dunia Industri.

“Harus sama-sama kita upayakan komitmen dunia industri. Harus ada kemitraan terhadap membangun, terutama untuk mendapatkan pekerjaan untuk masyarakat kita sendiri, kalau itu kita lakukan untuk bekerja ya alhamdulilah, kan mengurangi pengangguran, kita dukung,”  beber Junaedi.

Menurutnya, animo pencaker pada Job Fair tahun ini sangat banyak . Sayangnya, jumlah pendaftar yang datang tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang dibuka.

“Kalau bisa saya pengennya tujuh ribu masuk semua yang kemarin datang,” harap Junaedi.

Kontributor: Denny Arya

Editor: Deros D Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini