Bawaslu Kota Bekasi Buka Rekrutmen Anggota Untuk Pilkada Serentak 2024

Infobekasi.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi membuka pendataran calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Vidya Nurul Fathia menjelaskan, jumlah anggota yang dibutuhkan sebanyak 36 orang Panwascam, nantinya disebar di setiap Kecamatan.

“Satu kecamatan ada 3 Panwascam. Jadi ada 12 Kecamatan, berarti total ada 36, orang,” ucap jelas Vidya Nurul Fathia, Jumat (26/4/2024).

Para calon Panwascam tersebut musti mematuhi regulasi dan ketentuan Bawaslu Republik Indonesia. Adapun anggota sebelumnya yang telah gabung dan menjalani tugas saat Pemilu 2024, diperbolehkan dan dipertimbangkan kembali bergabung.

“Dengan metode evaluasi dan rekrutmen baru, kami berikan kesempatan panwascam eksisting yang sebelumnya, tapi perlu melalui berbagai tahapan. Setelah itu kami buka untuk masyarakat luas,” urai Vidya.

Panwascam eksisting nantinya dilakukan evaluasi, meliputi pengalaman kinerja. Sedangkan, bagi calon Panwascam baru agar dapat menjaga profesionalitas dan netralitas saat melalukan pengawasan di tingkat kecamatan.

“Ruang lingkupnya tentu profesional kinerja. Kemudian poin penting apakah yang bersangkutan selama ini menjaga profesionalismenya atau kinerjanya, lalu netralitas juga totalitasnya,” tegas Vidya.

Reporter: Yayan

Editor: Ken Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini